9/9/2012

marysats

Foto ini diambil oleh Marrysa Tunjung Sari.

Di dalam foto terlihat seorang perempuan tertunduk yang tampaknya (mungkin) sedang sibuk dengan telepon genggamnya. Di belakangnya terdapat latar tembok berpintu dengan gambar seorang citra siluet perempuan seolah “menggantung”, sedang membawa tas yang tampaknya sekelompok tas belanjaan.

Dalam imajinasi penulis, postur yang digambarkan citra siluet hitam tersebut tampak seperti tergantung di tiang gantungan. Ada dua persepsi yang menari dalam otak. Citra siluet tersebut menunduk dengan tangannya menjuntai ke bawah, ke depan tubuh sambil memegangi tas belanjaannya, atau yang kedua; kepalannya mendongak tertarik ke atas sehingga badannya membusung dan tangannya menjuntai tertarik ke belakang. Apapun, kedua persepsi menampakkan bahwa citra siluet, “mati” di tiang gantungan, sudah tak bernyawa. Sementara di depan, perempuan yang masih hidup seolah tak acuh akan nasib perempuan di belakangnya.

Sementara tas belanjaan yang menjuntai di tubuh tak bernyawa mau tak mau membawa penulis ke konsumerisme yang menggejala di masyarakat. Suatu gaya hidup yg menganggap barang-barang (mewah) sbg ukuran kebahagiaan, kesenangan, dsb[1].

Konsumerisme itu telah menjerat citra perempuan di belakang, menjerat lehernya hingga mati, menggantung di tiang gantungan. Walau begitu, citra tersebut masih tak mau melepaskan kantung belanjaannya. Jerat yang mengerikan, karena ketika korban sudah tercekikpun atau bahkan sudah mencapai titik ajal, ia tetap tak mau melepaskan sesuatu yang malah membunuhnya.

Lebih gawatnya lagi, konsumerisme ini kadang tidak disadari oleh si korban sampai sudah terlambat. Hal itu yang terbaca di perempuan yang masih hidup. Ia tak sadar, tidak acuh, dia hanya memfokuskan diri ke sesuatu di tangannya hingga tak sadar temannya, sesama ‘citra’ perempuan, sudah mati terbunuh konsumerisme, bisa jadi, perempuan di depan itu, -mari kita doakan semoga tidak-, adalah korban berikut dari jeratan tas-tas belanja.

[1] Kamus Besar Bahasa Indonesia daring

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s